Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe, Andang Masnur.

OKEKABAR.COM KONAWE – Pemerintah daerah kabupaten konawe tengah mempersiapkan kegiatan dalam rangka Ulang Tahun Konawe yang ke 64 tahun. Meskipun HUT Konawe ini baru akan diperingati pada bulan Maret mendatang, tetapi panitia dan beberapa OPD sudah memulai persiapan sejak awal Februari ini.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan adalah salah satu OPD yang terlibat dalam memeriahkan HUT Konawe ke 64 ini.

Melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Dikbud Konawe mengkonfirmasi ada beberapa jenis kegiatan yang digelar pada momen tersebut.

Kepala Bidang Kebudayaan, Andang Masnur menyebut, bahwa Dinas Dikbud melibatkan 100 (seratus) pelajar sebagai penari kolosal dalam puncak peringatan HUT Konawe ini dan pesertanya sudah mulai berlatih sejak akhir Januari.

BACA JUGA  Pj Bupati Konawe Sampaikan 8 Arahan Presiden Untuk Pimpinan Daerah

“Kita melibatkan 100 pelajar dari beberapa sekolah di Konawe untuk turut memeriahkan upacara HUT Konawe nanti. Sesuai dengan temanya, pada penampilan tarian kolosal nanti akan menampilkan konsep Konawe sebagai Kota Padi,” kata Andang.

Lanjutnya selain tarian kolosal, Dikbud juga menggelar Pekan Budaya dan Lomba Seni dalam menyambut HUT Konawe tersebut. Ada beberapa kegiatan yang dilombakan yakni Lulo Kreasi antar Kecamatan, Gambus dan Lomba Pidato dalam Bahasa Tolaki ditingkat pelajar dan Mahasiswa.

“Jadi konsepnya adalah lomba seni yang mengangkat local wisdom atau kearifan lokal Konawe. Kita mengharapkan ketiga jenis lomba ini mampu menguatkan kearifan lokal contohnya lulo, gambus dan pidato dalam bahasa tolaki,” terang Andang

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here