OKEKABAR.COM, KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe menghadiri rapat Koordinasi
Lintas sektor dalam rangka pembahasan rancangan peraturan Kepala Daerah tentang rencana detail tata ruang (RDTR). Di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2024)

Dalam kesempatan itu, PJ Bupati Konawe Harmin Ramba menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementrian ATR/BPN, Tim Penyusun RDTR dan Tim Teknis yang telah bekerja keras dalam menyusun Dokumen Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perencanaan Kecamatan Routa Kabupaten Konawe.

“Kita semua telah menyaksikan dan mendengar tentang pentingnya perencanaan tata ruang wilayah dalam mengelola dan mengembangkan potensi daerah. Sebagai Bupati Konawe, saya merasa bangga melihat antusiasme dan kerjasama yang telah terjalin antara pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait dalam penyusunan rencana detail tata ruang wilayah Kecamatan Routa,” ujarnya, dalam acara rapat RDTR wilayah perencanaan Routa Kabupaten Konawe. Selasa (30/1/2024)

Lebih lanjut, Ia mengatakan rencana tata ruang wilayah ini bukan sekadar dokumen formal, tetapi merupakan panduan strategis bagi pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Kecamatan Routa akan menjadi wilayah hilirisasi industri.

“Dalam proses penyusunan RDTR melibatkan berbagai stakeholder, baik dari kalangan pemerintah, akademisi, maupun masyarakat umum. Ini adalah langkah konkret menuju tata kelola wilayah yang lebih baik dan berdaya, ” terangnya.

Kepala Kesbangpol Sultra ini menjelaskan Kecamatan Routa, seperti yang telah diketahui, memiliki potensi yang sangat besar. Baik dari segi sumber daya alam, keberagaman budaya, maupun potensi manusia.

Oleh karena itu, pengoptimalan potensi kecamatan ini bukan hanya sebuah keharusan, tetapi merupakan suatu tanggung jawab bersama.

“Inilah saatnya kita bersatu, bahu membahu, untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan yang berkelanjutan.
Berbagai sektor dapat dioptimalkan, mulai dari sektor pertanian/perkebunan, pariwisata, hingga sektor industri kecil dan menengah, “kata Harmin Ramba

BACA JUGA  Bawaslu Konawe Ungkap Pj Bupati Konawe Tak Terbukti Lakukan Pelanggaran

Menurutnya, Perluasan akses infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta pemberdayaan masyarakat lokal merupakan kunci utama dalam mencapai pengoptimalan potensi kecamatan Routa.
Dalam konteks ini, Pemerintah Kabupaten Konawe akan terus mendukung dan mendorong inisiatif-inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Kecamatan Routa.

“Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait, baik swasta maupun lembaga pemerintah lainnya, untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendukung pertumbuhan ekonomi kecamatan ini, ” ujarnya.

Tentu saja, Lanjut Harmin Ramba pengembangan potensi kecamatan Routa juga harus diimbangi dengan upaya pelestarian lingkungan. Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan secara bijaksana dan berkelanjutan agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang.

“Melalui implementasi RDTR, diharapkan kecamatan Routa dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, memberikan manfaat maksimal bagi masyarakatnya, dan menjadi contoh bagi wilayah lain dalam pembangunan yang berdaya saing dan berwawasan lingkungan,” imbuhnya

“Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, izinkan saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen dan berkontribusi aktif dalam upaya pengoptimalan potensi kecamatan Routa ini. Melalui sinergi dan kerjasama yang baik, saya yakin kita dapat mencapai hasil yang optimal dan memberikan dampak positif bagi perkembangan Kabupaten Konawe secara keseluruhan, “tutup Harmin Ramba.

Diketahui, dalam rapat RDTR di hadiri Direktur Jenderal Tata Ruang: Ir. Gabriel Triwibawa, M.Eng.Sc
, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II, Kementrian ATR/BPN Ibu Reny Windyawati, ST, M.Sc, Bupati Konawe Selatan , Pj. Bupati Kolaka , Pj. Bupati Buton ,Pj. Bupati Lombok Timur
,Perwakilan Kementrian dan Lembaga, Para Kepala OPD lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Nusa Tenggara Barat
, Para Kepala OPD lingkup Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Buton Kolaka dan Lombok Timur.

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here