OKEKABAR.COM, KONAWE – Cuaca ekstrem yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Konawe telah menimbulkan dampak kerusakan terhadap sejumlah bangunan rumah masyarakat di beberapa kecamatan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Rusdianto mengimbau seluruh warga masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu ini.

“Selaku unsur pimpinan DPRD Kabupaten Konawe kami turut prihatin atas musibah yang menimpa keluarga kita di beberapa kecamatan,” ucap Rusdianto usai menyalurkan bantuan pangan kepada korban bencana angin kencang di tiga kecamatan, Rabu 24 Januari 2024.

Menurutnya, dalam kondisi cuaca seperti sekarang ini, bencana alam bisa saja datang secara tiba-tiba. Oleh karenanya, masyarakat harus siap siaga dalam menghadapi ancaman tersebut.

“Kemarin angin puting beliung, ke depan kita tidak tahu apa lagi yang akan terjadi. Tetapi kita berharap bencana seperti banjir atau tanah longsor tidak terjadi di daerah kita,” harap Rusdianto.

Namun, sebagai langkah antisipasi, RD kembali mengimbau masyarakat untuk tetap waspada agar hal-hal yang tidak diinginkan bersama bisa diantisipasi lebih awal.

BACA JUGA  Pemkab Konawe Alokasikan Duit 35 Miliar Untuk TPP PNS Tahun 2023

“Kalau sejak awal kita sudah siap siaga, ketika bencana itu datang masyarakat tidak panik lagi dan risiko bisa diminimalisir,” pungkasnya.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : 300.2/41/2024 Tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Ancaman Bencana Banjir dan Tanah Longsor di wilayah Kabupaten Konawe.

Surat Edaran Bupati Konawe ini sebagai tindak lanjut dari Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Nomor: B ME.02.04/ 020/KKN/1/2024 tanggal 17 Januari 2024 bahwa berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada bulan Januari di Kabupaten Konawe.

Selain Surat Edaran tersebut, Bupati Konawe juga telah menyampaikan kepada Satgas Penanggulangan Bencana untuk tetap siaga dan siap sedia menghadapi kemungkinan bencana yang dapat terjadi akibat cuaca buruk.

“Penyampaian ini sebagai langkah preventif dan proaktif Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe dalam upaya melindungi keselamatan dan keamanan masyarakat di tengah cuaca ekstrem,” pungkas Harmin Ramba.

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here