OKEKABAR.COM, KONAWE – Masyarakat merupakan bagian sangat penting dalam proses pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024. Peran masyarakat diharapkan dapat memberikan edukasi pemahaman politik kepada masyarakat lain disekitarnya.

Hal tersebut diungkapkan, Presedium Sultrademo Dr. Haslita Laburu, M.Si dalam diskusi pagi bersama insan pers di Caffe Alika, Jumat (26/5/2023).

Katanya, tantangan pengawasan Pemilu kedepan sangat dinamis dengan macam problem penyelenggaraan Pemilu.

Selain itu, dengan keterbatasan sumber daya manusia lembaga pengawas Pemilu 2024. Untuk itu, diperlukan keterlibatan semua elemen dan utamanya masyarakat dalam pengawasan serta memberikan pendidikan politik kepada pemilih.

Mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Konawe itu menilai, partisipasi masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kepedulian pemilih terhadap penyelenggaraan pemilu serta informasi tentang penyelenggaraan pemilu.

“Jika masyarakat sudah paham dengan politik, mengenal wakilnya, maka kepentingan masyarakat bisa terakomodir. Peranan masyarakat sangat penting disini,” ungkapnya.

BACA JUGA  Yusran Akbar: Bantuan Perbaikan 700 Meter JUT di Desa Olo Onua Tongauna Utara Bakal Garap 40 Hektar Sawah Baru

Maka pada muaranya adalah dapat mewujudkan Pemilu yang bersih, transparan, dan berintegritas. Dalam penentuan kepemimpinan politik dan mengevaluasi wakilnya nanti.

Sementara itu Anggota Bawaslu Konawe, Rahmat, ST mengatakan, bahwa dalam menghadapi Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Konawe terus berupaya melakukan pencegahan terhadap kemungkinan beberapa indikasi kerawanan Pemilihan Umum 2024.

Dimana, kata Rahmat, pihaknya juga mengharapkan dalam mengawal proses Pemilu 2024 mendatang peran insan pers atau media massa sangatlah penting untuk mengedukasi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

“Bawaslu Kabupaten Konawe mengajak kita semua untuk bersama-sama mengawasi dan mencegah agar tidak terjadi pelanggaran dalam Pemilu 2024 mendatang di Konawe,” imbaunya.

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here