Sekda Konawe melantik pejabat fungsional. Foto: Ist

OKEKABAR.COM, KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melantik 294 pejabat pegawai fungsional di Pendopo Kantor Bupati Konawe, Rabu (12/01/2022).

Para pegawai fungsional tersebut dilantik oleh Sekertaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan yang mewakili Bupati Konawe.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melalui Sekda Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, penyetaraan jabatan struktural ke dalam jabatan fungsional telah disampaikan oleh presiden dalam pidato pelantikannya sebagai presiden kedua kalinya di hadapan DPR/MPR 20 Oktober 2019.

“Perampingan birokrasi yang dimaksud untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah, serta profesional dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efesiensi guna mendukung kinerja pemerintah kepada publik,” ungkapnya.

Ia mengatakan pengangkatan pejabat tersebut telah melalui penilai sesui kriteria dan syarat sesuai UUD adapun yang bersifat khusus berdasarkan usulan masing-masing instansi kepada menteri PAN-RB sebagi bahan pertimbangan penetapan jabatan yang masih diperlukan kedudukannya sebagai pejabat struktural.

BACA JUGA  Warga Antusias, Pemkab Koltim Target Vaksinasi 70 Persen Hingga Akhir Tahun

“Saya harap teman-teman harus selalu siap dengan perubahan regulasi birokrasi yang terjadi, penyetaraan ini masih langka awal dan selanjutnya masih banyak pekerjaan rumah yang harus saudara lakukan dalam penerapan penyederhanaan birokrasi,” jelasnya

Sekda mengharapkan, dengan adanya perubahan akan membawa berdampak pada peningkatan kinerja sesuai dengan tujuan utama dari penyederhanaan birokrasi ini.

Dengan kebijakan ini, eselon IV ini yang paling banyak terdampak dari penyederhanaan birokrasi ini, karna akan menjadi ujung tombak keahlian pada tingkat oprasional yang bertujuan mempercepat proses pelaksanaan tugas terutama yang berkaitan pelayanan masyarakat.

Sedangkan sisanya, eselon IV ini bersifat managerial umum yakni menangani ketatausahan mengingat tugasnya yang sangat heterogen.

“Saudara yang baru dilantik, daerah kita membutuhkan pejabat yang profesional berkinerja tinggi disiplin dan mampu memberikan pelayaran Prima terhadap publik,” tutup Ferdinand.

Penulis: Putra
Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here