Pantarlih saat melakukan Coklit perdana.

OKEKABAR.COM, KONAWE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe mulai hari ini melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada tahun 2024, Senin (24/6/2024).

Sebelum dimulai Coklit, KPU Konawe melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa/Kelurahan setempat melantik 694 Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) dari 461 tempat pemungutan suara di seluruh wilayah Kabupaten Konawe.

“Jadi untuk pelantikan Pantarlih dilaksanakan oleh ketua PPS di Kelurahan atau Desa masing-masing,” ungkap Ketua Divisi (Kadiv) Data dan Informasi KPU Konawe, Haldin.

Apel persiapan Pemutakhiran Data Pemilih (Coklit).

Haldin mengatakan, 694 petugas Pantarlih akan turun langsung ke rumah warga, untuk itu pihaknya meminta warga untuk ikut berpartisipasi dan menyukseskan setiap tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 nanti.

Ia mengharapkan setiap keluarga bisa menyiapkan dokumen kependudukannya seperti, KTP elektronik dan kartu keluarga (KK) saat petugas Pantarlih datang ke rumah yang akan dimulai 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

BACA JUGA  Dua Pemuda di Konawe Diamankan Polisi Usai Hantam Lawan Pakai Gir Motor
Apel persiapan Pemutakhiran Data Pemilih disalah satu Kecamatan di Kabupaten Konawe.

“Pemutakhiran data pemilih ini merupakan hal yang sangat penting pada pelaksanaan Pilkada 2024 nanti, agar tahapan-tahapan selanjutnya agar Pilkada berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Pelaksanaan Pemutakhiran data pemilih ini berdasarkan Peraturan KPU nomor 7 tahun 2024 tentang penyusunan daftar pemilih dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota.

Apel persiapan Pemutakhiran Data Pemilih disalah satu Kecamatan di Kabupaten Konawe.

Sesuai dengan regulasi KPU RI, di pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 ini, untuk TPS dengan jumlah calon pemilih di atas 400 hingga 600 orang, maka terdapat dua pantarlih. Karena itu, jumlah TPS dengan pantarlih tidak sama.

Diketahui, sebelum melakukan Coklit perdana hari ini, seluruh Pantarlih juga mengikuti apel siaga Pemutakhiran Data Pemilih di setiap kecamatan di seluruh jazirah Konawe.

Penulis: Muhamad Surya Putra
Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here