OKEKABAR.COM, KPNAWE – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 78 tepatnya tanggal 1 Juli 2024 banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh Kepolisian Resor Konawe.

Kegiatan itu adalah membersihkan tempat ibadah, memberikan bantuan sosial berupa sembako, bantuan bibit jagung dan pupuk kepada masyarakat petani dan melaksanakan donor darah.

Kegiatan donor darah dilaksanakan di Aula Mako Polres Konawe yang diikuti oleh Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K, Wakapolres Konawe Kompol Jamaluddin Saho, S.Hi., M.H, pejabat utama Polres Konawe, para Kapolsek jajaran dan Bhayangkari serta PNPP Polres Konawe, Kamis (20/5/2024).

Sebelum kegiatan donor darah dilaksanakan, Kapolres Konawe meberikan sambutan tentang pentingnya berpartispasi dalam mengikuti donor darah karena untuk diberikan kepada sesame yang membutuhkan.

“ Saya mengajak seluruh anggota Polres Konawe dan jajaran untuk mengikuti kegiatan donor darah ini. Walaupun setetes darah yang kita sumbangkan tentunya akan menjadi penyelamat bagi orang yang membutuhkan,”ajak Kapolres Konawe kepada anggotanya.

Lebih lanjut, Kapolres Konawe menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian Polri terhadap sesama.

BACA JUGA  KPU Konawe Umumkan DCS, Partai Garuda Tak Ikut Pileg 2024

“ Mari kita tunjukkan solidaritas kita dengan turut serta dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, PS. Kasi Dokkes Polres Konawe Aipda Syafruddin,S.H mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah ini Klinik Polres Konawe telah bekerja sama Unit Transfusi Darah RSUD Konawe.

Ia juga menyebutkan Jumlah yang melaksanakan donor darah sebanyak 51 orang peserta dengan rincian

  • Darah O : 78 orang
  • Darah A : 18 orang
  • Darah B : 10 orang
  • Darah AB : 3 orang
  • Batal donor : 0 orang
  • Total yang donor : 109 orang
  • Total yang tidak bisa donor : 4 orang

Ditengah kegiatan tersebut dr.Ucy Nadjmiya, Sp.PK selaku Ketua Tim Unit Tansfusi Darah RSUD Kab. Konawe mengatakan tujuan donor darah yaitu selain membantu membakar kalori, manfaat donor darah bagi pendonor adalah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker.

“ Hal ini disebabkan oleh berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah. Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah,”jelasnya. (@)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here